Dewan Pimpinan Pusat Ikatan Wartawan Online Indonesia Bersama DPW dan DPD DIY Ziarah ke Makam Pujangga Besar Ronggo Warsito


Klaten, SIDAK86.COM - Makam Ronggo Warsito terletak di Dusun Kedon, Desa Palar, Trucuk, Klaten, Jawa tengah, komplek makam Kyai Ronggo Warsito berada di pemukiman warga yang cukup padat penduduknya. Dengan lahan seluas kurang lebih 700 meter persegi, kompleks makam ini dikelilingi tembok setinggi dua meter dan bersebelahan dengan komplek makam penduduk setempat. 

Rombongan DPP dan DPW IWO-I pada Kamis malam (08/03/24) dipimpin oleh Ketua Umum Ichang Rahardian,SH.berkesempatan melakukan ziarah ke makam pujangga Keraton Surakarta yang konon   menurut sejarah meninggal secara misterius. 

Saat memasuki komplek pemakaman dari pintu masuk sebelah timur menuju ke jalan utama makam terdapat patung sosok Ronggowarsito dengan tertulis Bagus Burham, R.Ng.Ronggowarsito, pujangga Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat, Lahir Senin Legi 15 Maret 1803, Wafat 24 Desember 1973, dimakamkan di Plalar, Trucuk, Klaten,Jawa Tengah. 

Juru kunci makam, Mbah Sunardiyono mengatakan jika para peziarah datang dari berbagai pelosok daerah di Indonesia. 

"Saking pundi - pundi (dari mana-mana) paling ramai jika malam Jumat Kliwon, mereka datang dengan tujuan masing-masing," jelasnya. 

Ronggowarsito dikenal sebagai intelektual pada masanya, tak kurang dari 50 karya sastra dalam bentuk puisi atau macapat telah ditulisnya. Serat Wirid Hidayat Jati, Serat Kalatidha dan Serat Jaka Lodang adalah bentuk dari tulisan hasil pemikiran tentang dunia tasawuf, pengamatan sosial dan ramalannya. ( Budhi/ red).

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama